PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN AZARINE MELALUI CELEBRITY ENDORSMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Keywords:
Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Celebrity EndorsmentAbstract
This research aims to determine the simultaneous and partial influence of Product Quality variables on the decision to purchase Azarine sunscreen through Celebrity Endorsement as an Intervening variable on the social media of the people of Kendari City. The population in this study was all Kendari City residents who had purchased Azarine sunscreen products. The sample in this study was 65 respondents. The sampling technique in this research used accidental sampling. The data collection method in this research is by questionnaire. The instrument tests used are validity and reliability tests. The analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM)-PLS analysis.The research results show that: (1). Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions . (2). Product quality has a positive and significant effect on Celebrity Endorsement. (3). Celebrity Endorsements have a positive and significant effect on purchasing decisions.(4) Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions through celebrity endorsements as an intervening variable
References
Anam, M.S., D.L. Nadila, T.A. Anindita dan R. Rosia. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (4)1: 120-136.
Annisa Intan Lestari, E. R. (n.d.). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan . Manajemen Bisnis Indonesia.
Andi, Suyono, Putra, & Hendri. (2020). The Effect of Celebrity Endorser, Product Quality, and Product Design on Pelita Indonesia Students’ Buying Interest of Asus Smartphone. Ilmiah Manajemen, 8(1), 14.
Cicilia G. Kawilarang, W. J. (2022). Analisis pengaruh Celebrity EndorsmentBeauty Vlogger dan Brand Image terhadap keputusan pembelian pada produk skincare lokal. EMBA, 10, 770-779.
Dita Olivia Nurhayati Rachmat, M. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser di media sosial instagram dalam promosi produk Hijab terhadap minat beli konsumen (Studi kasus pada akun instagram @Zahratuljannah dan @joyagh). E-Proceeding of management, 3, 2858-2865
Fitaloka, Ratna Ekasari, & Donny Arif. (2019). Pengaruh Celebrity Endorses, Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab. Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, 1(1), 1–7.
Inspeksi, J., Cibatu, K., Bekasi, K., & Barat, J. (n.d.). Pengaruh kualitas Produk , Harga, dan Digital Marketing Terhadap Produk MS Glow BeautyTerlaris di Berbagai macam produk kosmetik di kosmetik untuk konsumen wanita maupun. 5(2), 135–145.
Isalman, Ilyas, Istianandar, F. R., & Sahdarullah. (2023). Peran Kredibilitas Influencer Lokal di Instagram Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli Konsumen Milenial. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 9(1), 91–106. https://doi.org/DOI: 10.34203/jimfe.v9i1.6205
Isalman, Ittaqullah, N., & I, F. R. (2023). Analisis Ulasan Pelanggan Terhadap Persepsi Resiko Dan Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(1), 166–178. https://doi.org/10.29407/nusamba.v8i1.18446
Jihad Rabbani Rachmat, R. T. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survey di Toko Kiper Bandung). Prosiding Mnajemen.
Lery, M., Zaid, S., Isalman, Anggia Binsar Kristian Panjaitan, F., & Taufik, M. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 64–74. http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen
Kiswalini, A., dan K. Nurcahya. 2014. Pengaruh Celebrity endorser, Brand image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (1)2.
Kotler, Philip. (1997). Pemasaran. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga
Kotler, P., dan G. Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., dan K.L. Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Armstrong (2012). Konsep Pemasaran. Jakarta. PT. Penerbit Erlangga
Kotler dan Armstrong (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Penerbit Erlangga
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.
Marantika, W. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur (10)1: 114-127.
Moh. Fadlurahman Salsabillah, N. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsment, Kualitas Produk, dan Hraga terhadap keputusan pembelian Produk Biarnyaman.
Najma Zahiroh, S. Z. (2021). Pengaruh Celebrity Endorse dan Persepsi Konsumen terhadap kepputusan pembelian. Greenomika, 3, 97-104.
Novianti, T. A. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pixy. Jurnal Manajemen dan Bisnis (1)1: 43-50.
Nuraini, Alfiyah dan Ida Maftukhah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui citra merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Manajemen Analysis Journal. Vol.4. No.2, Pp 2-5.