PENGARUH DIGITALMARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA KECIL DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • St. Rukaiyah Universitas Fajar
  • Syamsuddin Bidol Universitas Fajar
  • Derry Suryadi Universitas Fajar

Keywords:

Digital Marketing; Product Innovation; Sales Volume; Small Business

Abstract

This study aims to determine the effect of digital marketing and product innovation on increasing sales volume in small businesses in Makassar. This study is a quantitative study, using a descriptive analysis method. The population in this study were small business actors in Makassar. The sample in this study amounted to 88 samples based on the equal distribution of each sub-district visited. The data collection technique used a questionnaire with a linear multiple regression analysis technique. The results of this study indicate that digital marketing partially has a positive and significant effect on sales volume, product innovation partially has no positive and insignificant effect on sales volume. Digital marketing and product innovation simultaneously have a positive and significant effect on sales volume. These findings provide information about the need for digital adaptation among small businesses.

References

Anggraeni, Triska Nur. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Produk: Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Malang Soekarno Hatta.” Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang: 7.

Abidin, Zaenal, and Ahmad Sofyan. 2022. “Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang.” Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies 2(1): 11–16.

AdeLupitaNastiti,Gema.2019.“PengaruhBiayaProduksi,VolumePenjualan TerhadapLabaPerusahaan(StudyPadaCv.TunikPutri,Surabaya).” Molecules 9(1):14862.http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/articl e/download/83/65%0A

Andy PrasetyoWati, Jefry Aulia Martha, Aniek Indrawati. 2019. Digital Marketing. ed. : Nadya Artha Fransiska. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Andi Hendrawan, Hari Sucahyowati, Kristian Cahyandi, Indriyanti and Atril Rayendra. 2019. “Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk Umkm Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap.” Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan 4(1): 50-6q.

Amalina, Azkia, and Subiyantoro. 2017. “Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia.” Bilancia 11(1): 33–64.

Ahmad Taufik Arianzah, Wiewiek Indriani, Erna Listyaningsih, Euis Mufahamah, Harmani Harun. 2020. “Pengaruh Pemasaran Digital, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Produk UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Di Kabupaten Lampung Barat).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952. 19: 82–95.

ElenaSafitri,Nindyetal.2023.“Pengaruh Inovasi Produk Dan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan UMKM Mitra Mandiri Brebes The Influence of Product Innovation and Digital Marketing on Sales Volume of MSMEs Mitra Mandiri Brebes.” Management and Entrepreneurship Research 1(3): 68–78.

Erwan Darmawan, Raga Aqino. 2022. “Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk Umkm Makanan Khas Banten Di Kota Serang.” Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk Umkm Makanan Khas Banten Di Kota Serang 22(22): 1–13.

Fanlikhin, Eivando, Driya Wiryawan, and Dwi Asri Siti Ambarwati. 2023. “Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Kerupuk Seblak Queenrawit Di Kota Metro).” Journal Of Social Science Research 3(2): 11852–67.

Furyana, Septyas Arum, Edy Wahyudi, and Yuslinda Dwi Handini. 2013. “Inovasi Produk Batik Pesisiran Pada Perusahaan Batik Virdes Di Banyuwangi (Product Innovations on Coastal Batik at Batik Company Virdes in Banyuwangi).” Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa: 1–6. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58809.

Guntur, A F. 2014. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume PenjualanGas Elpiji 3 Kg Pada PT. Putra Sinbar Gas Di Kabupaten Sinjai.” Jurnal Manjemen. https://core.ac.uk/download/pdf/77619554.pdf.

Hadiyati, Ernani. 2012. “Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil.” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 1(3): 135–51.

Harahap, Muhammad Raja Perkasa Alam. 2023. “Pengelolaan Dana Wakaf Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pesantren Dan Masyarakat.” Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta

Isalman, I., Ramadhani I, F., Ilyas, I., & Sahdarullah, S. (2022). Investigasi Faktor Pendukung Dan Penghambat Belanja Online Di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–46. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3413

Isalman, & Isnawaty. (2024). Meningkatkan Pendapatan Wanita Nelayan Melalui Pemasaran Digital Produk Olahan Hasil Perikanan di Konawe Selatan. Jurnal JPM: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i4.770

Rifa’i,Abubakar.2021.Antasari PressPengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga Jl.

Hartini, Sri. 2012. “Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk Dan Kinerja Bisnis.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 14(1): 82–88.

Irfani, Hadi, Fitri Yeni, and Rika Wahyuni. 2020. “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.” JCES (Journal of Character Education Society) 3(3): 651–59.

Jesslyn, J. 2021. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Agung Toyota Batam.” Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora: 1 55. http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/885.

Karinda, Melanie V A, Lisbeth Mananeke, and Ferdy Roring. 2018. “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 6(3): 1568–77.

Kotler. 2000. “Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT Salama Nusantara.” Jurnal Teknik Informatika: 8–30. http://eprints.uny.ac.id/7983/3/BAB 2-09409134007.pdf.

Kurniasari, Rika Devi. 2018. 2 Photosynthetica Pengaruh Inovasi Produk, Kreatif poduk, Dan kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Produk Kerajinan Enceng Gondok “Akar”). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0A

Lestari, Mega. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Gerabah (Studi Kasus Di Lombok Barat).” Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Maulana, Yogi Sugiarto, and Alisha Alisha. 2020. “Inovasi Produk Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar).” Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8(1): 86.

Marketing,AsosiasiDigital.2019.“10JenisDigitalMarketingYangWajibKamu Ketahui!-AsosiasiDigitalMarketing.”https://digimind.id/10-jenis-digital- marketing-yang-wajib-kamu-ketahui

Mitra, Jurnal et al. 2018. “Hubungan pendidikan di sekolah terhadap perilaku pengemudi kendaraan bermotor saat berlalu lintas.” 1(1): 290–99.

Miati, Iis, and Pratami Wulan Tresna. 2020. “Marketing Mix In Batik Gendheis Kota Banjar.” Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology 34(8): 709.e1-709.e9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jaad.2013.01.032.

Mujahid Mujahid, Syamsul Riyadi, Nasyirah Nurdin, Fitrah Aritama. 2023. “The Effect of Digital Marketing on Increasing Sales Volume of Msmes In Makassar City.” 5(4): 135–50. https://www.atlantis- press.com/proceedings/icame-17/25885703.

Mohammad Arief Noor Irawan, Yeni Hilma Dwiyanti, Gilang Pratama. 2023. “JEKOBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Pengaruh Digital Marketing dan Inovasi Terhadap Penjualan produk batik di Bayuwangi Pendahuluan.” 2(2).

M. Renandi Ekatama, Astrid Aprica Isabella, and Nova Dwi Rizky. 2023. “Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Mesuji.” Jesya 6(1): 194–208.

Nur Ocvanny Amir, and Dewi Mustikawati. 2019. “Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo Kota Batu.” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 3(4): 681–88.

Nurcholinda, Lilik. 2019. “Pengaruh Strategi pemasaran mix (Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi) Terhadap kebijakan pemasaranyang efektif pada UD. tiker lipat elresas Lamongan.” Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi) 7(2): 14–20.

Pratama, AgieAgung. 2021. “PengaruhInovasiDanKreativitasTerhadapKinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tasikmalaya.” Skripsi.

Purnomo, Nanto. 2021. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4(3): 376–81.

Rahayu, Pinta Rohmada, and Nur Hidayah. 2023. “Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha UMKM.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 5(2): 448–56.

Ramdani, Anggun. 2023. Pengaruh Inovasi Produk, Variasi Produk, dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada UMKM (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Purwokerto) Skripsi.

Ramadhanty, Praditha, Ruth Mei Ulina Malau, Jalan Telekomunikasi No, and Terusan Buah Batu. 2020. “Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @KedaiKopiKulo Terhadap Sikap Konsumen.” Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi3(2): 2614–0373.

Rukaiyah,R.2017.“AnalisisKinerjaUsahaKecilDiKotaMakassar.”AKMENJurnalIlmiah:344–53.http://e-jurnal.stienobel

Ramida, Mustari, Muhammad Dinar, Tuti Supatminingsih, Nurdiana. 2022. “Pengaruh Pemasaran DigitalTerhadap Peningkatan Pendapatan UMKMDi Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies 3(1): 310–26.

Rompis, Dewi, Willem Tumbuan, andJackySumarauw. 2017. “PengaruhBauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses The Effect Marketing Mix Toward Sales Volume In PT. Tridjaya Mulia Sukses.” Emba 5(3): 3078–87. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/17356.

Sabda Ar Rahman, Richo Elfrizal, andWaspodoTjipto Subroto. 2022. “Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan 6(1): 41–54.

Santi, Ni Wayan Ari, Iyus Akhmad Haris, and I Nyoman Sujana. 2019. “Pengaruh Harga Jual Dan Volume Penjualan Terhadap Pendapatan Ud. Broiler Putra Di Dusun Batumulapan Kabupaten Klungkung Pada Tahun 2015-2017.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1): 116.

Sarmigi, Elex. 2020. “Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Kerinci.” Al-Dzahab 1(1): 1–17.

Satwika, Ni Ketut Pertiwi, Ni Made Wulandari Kusuma Dewi, and ... 2018. “Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis.” Keunggulan Kompetitif 7(3): 1481–1509.

Silaningsih, Endang, and Putri Utami. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan.” Jurnal Sosial Humaniora 9(2): 144.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung: Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sitti Rukayah, at al, 2023,The Impact Of Entrepreneurial Orientation And Company Innovation On The Business Performance Of Manufacturing SMEs. nternational Journal of Management and Sustainability, 12(3), 419–434.

St. Rukaiyah, dkk, 2023. Buku Referensi Kewirausahaan, PT. Pena Persada Kerta Utama, CetakanPertama, Purwokerto Selatan

St.Rukayah,at al.2017.“BuildingStrategicCompetitivenessof UMKM in South Sulawesi Through Strategic Leadership, Innovation rocess, Entrepreneurial Orientation and Business Performance (Typology Miles&SnowandQuantitativeModelTypologyAnalysis).”40(Icame): 400–406.https://www.atlantis-press.com/proceedings/icame-17/25885703.

ST. Rukaiyah, at al (2023). The Influence of Food and Beverage Product Marketing on Consumer Purchase Interest in MSME Actors in Makassar. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, Volume 3 Issue 2, July 2023

Tawas, Hendra, and Josiel Pandensolang. 2015. “Pengaruh Diferensiasi,Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca- Cola Pada Pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado.” Jurnal Emba 3(3): 1113–24.

Taufikurrahman, Afifah Ulul Azmi,Dinda Griselda Azura Gestyaki and Dhiya' Ayu Adibah. 2023. “Pengaruh Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Smille Bouquet Di Desa Kedungdalem.” Transformasi: Journal of Economics and Business Management 2(2): 231–43.

Thabroni, Gamal; 2022. “Inovasi Produk: Pengertian, Ciri, Jenis, Indikator & Sumber.” : 5.https://serupa.id/inovasi-produk-pengertian-ciri-jenis-indikator- sumber/#google_vignette.

Triznawati, Ayu, and Khairunnisa Khairunnisa. 2018. “Strategi Marketing Mix GunaMeningkatkanPenjualanPadaMiniMarketZ-MartBanjarbaru.” Kindai 14(3): 210–17.

Veranita, Mira, Lukmanulhakim Almamalik, and Sugiyanto Ikhsan. 2022. “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Bandung).” Jurnal Ilmiah Manajemen XIII No 1(E-ISSN: 2615- 4978, P-ISSN: 2086-4620):89–96.https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590/801.

Wardhani, Rike Kusuma. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Ud Abadi Mulya Kediri.” Jurnal Akuntasi Dan Ekonomi Bisnis 6(2): 38–49.

Warokka, Margaretha Nova, and Radjab Djamali. 2021. “Penguatan Peran Tour Guide Dalam Memasarkan Objek Wisata Di Kecamatan Silian Raya Di Kabupaten Minahasa Tenggara.” Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata 4(1): 118–30.

Waruwu, Soziduhu, Yupiter Mendrofa, and Sumangeli Gulo. 2022. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan.” Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi (Jamane) 1(2): 286–94. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i2.46.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

St. Rukaiyah, Syamsuddin Bidol, & Derry Suryadi. (2024). PENGARUH DIGITALMARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA KECIL DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 13–27. Retrieved from http://jmk.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/4