ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • Wa Ode Nur Asysyifaa Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo
  • Juharsah Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo
  • Isalman Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo
  • Asrip Putera Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo
  • Triwulandari Nehru Putri Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo
  • Windayani Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo

Keywords:

Digital marketing, Peningkatan penjualan

Abstract

This study aims to determine how the application of digital marketing in increasing sales. This study uses a qualitative research type. The informants in this study are shop owners and employees as key informants and one customer as a supporting informant. This research method uses three data collection techniques, namely, interviews, observations, and literature studies. The study was conducted at the Kendari Arshop store. The results of the study show that the Kendari Arshop store is very consistent in using digital marketing. So that it facilitates interactivity, informativeness, personalization, and trends. These conveniences continue to the accuracy of selling price determination, increasing cost efficiency, demand and sales.

References

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212-224

Azalia, D., & Amin, M. (2023). Analisis Penerapan Live Streaming Shopee dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 6(2), 117-132.

Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., & Hidayatullah, R. (2021). Analisis Steategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Batik (Studi Kasus Buaran Batik Center Pekalongan). Teknik: ‘ Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 1(2), 74-82

Aprilia et al., 2022. Penerapan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Global Guna Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Gringsing Desa Tenganan Pengringsingan Bali. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital. ISSN 2798-3293, vol.2, No.2 2023, 105-113.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Ebert, J, dan Grifin, 2023. Manajemen Pemasaran Implementasi Strategi Pemasaran di Era Sociaty 5.0. ISBN : 978-623-5251-50-9.

Gunawan dan Septianie, 2021. Mengotimalkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Pemasaran Digital Yang Efektif Pada Cv. Ageng Store. P-ISSN : 2622-8327 e-ISSN : 2089-5364.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39-45.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor 9ad ap satria fu 9ad apt. sunindo varia motor gemilang medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112-121.

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970-1978.

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253-266.

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70-75.

Khan, “The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan”. Journal of Information Sytems and Operations Management, 2013, 1-8.

Isalman, I., Ramadhani I, F., Ilyas, I., & Sahdarullah, S. (2022). Investigasi Faktor Pendukung Dan Penghambat Belanja Online Di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–46. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3413

Isalman, & Isnawaty. (2024). Meningkatkan Pendapatan Wanita Nelayan Melalui Pemasaran Digital Produk Olahan Hasil Perikanan di Konawe Selatan. Jurnal JPM: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i4.770

Kotler dan Amstrong (2019;62). Turbutensi Marketing.

Kotler dan Amstrong (2019;58). USM Science. Ekskripsi. Usm.ac.id.

Kotler dan Swastha (2005). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Volume Penjualan di Toko Lis 2 Telukdalam.

Laurence (1992). Indikator Adalah Variabel – Variabel Yang Dapat Mengidentifikasi.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Mustika (2019). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah). Ejurnal, poltekpos ac.id.

Nadia Kania K. (2020). Digital marketing strategic era . studi vokasi hukum universitas Indonesia, 01.

Nadia Kania (2020). Evektivitas Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap UMKM di Tasikmalaya Pada Masa PPKM. e-proceeding of management : vol.10, no.2. ISSN : 2355-9357.

Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Pati. Solusi, 20(4), 397-402.

Purwana et al, 2017. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action. Volume 2, Nomor 2, 2020.

Philip Kotler, 2011. Digital Marketing dan Ragam Produk Pada Minat Beli Konsumen Toko Onine Shopee. Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 3, Nomor 1. Hal 14-24. ISSN 2549-3604 (online) ISSN 2549-6972 (print).

Philip Kotler “ Swastha dan Irawan “ (2003 : 404). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. ISSN 2003-1174.

Pangestika (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Wilayah Kecamatan Cilincing. Bagian Pengelola Jurnal dan Publikasi (BPJP). Volume 06 Number 02. P-ISSN: 2442-4080.

Rachmadewi, I. P., Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis strategi digital marketing pada toko online usaha kecil menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121-128.

Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, 2009. Penggunaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Retail. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, Volume 5 N0. 1. ISSN 2723-2018 E-ISSN 2723-1984.

Ryan dan Jones (2009). Digital Marketing ( Pengertian, Manfaat, Fungsi, Dimensi dan Strategi).

Sari, S. P. (2020). Strategi meningkatkan penjualan di era digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291-300.

Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.

Sulaksono (2020). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Produk Ayana Store Pati. Solusi, 20(4), 397-402. P-ISSN : 1412-5331, E-ISSN : 2716-2532.

Swastha (2005:65) dalam (Arnot,2016). Penerapan Sosialisasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Penjualan di Kelurahan Bendogerit. Jurnal Mayarakat Mengabdi Nusantara (JMMN). Vol. 2, No.3. e-ISSN : 2964-2051; Hal 102-109.

Sugiono (2018:213). Metode Penelitian Kualitatif. Repositoryfisip.unta.ac.id.

Tjiptoro, 2008. Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya. Aliansi Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Vivi Silvia, S. E. (2020). Statistika Deskriptif. Penerbit Andi.

Wulanda, F. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk Parfum pada Azwa Perfume Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1).

Yanti, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 16-26.

Yadaav (2017). Efektivitas Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap UMKM di Tasikmalaya Pada Masa PPKM. e-proceeding of management: vo. 10, no.2, page 688. ISSN : 2355-9357.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Wa Ode Nur Asysyifaa, Juharsah, Isalman, Asrip Putera, Triwulandari Nehru Putri, & Windayani. (2024). ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 38–47. Retrieved from http://jmk.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/6